Museum Ullen Sentalu - Museum Seni dan Budaya Jawa yang Anti Mainstream

Haii trippers...
Kalian pasti belum pernah denger kan apa dan dimana Museum Ullen Sentalu???
Museum Ullen Sentalu adalah museum yang berbeda dari kebanyakan museum lainnya (anti mainstream). Museum ini mengangkat tema seni dan budaya jawa.

museum ullen sentalu

Museum ini diprakarsai oleh Yayasan Ulating Blencong. Selain itu, museum ini juga tidak menggunakan gedung yang merupakan cagar budaya. Museum ini menempati sebuah gedung baru yang sengaja dibangun pada sebuah lahan kosong. Visi Museum Ullen Sentalu yaitu berfungsi sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa. Sedangkan misi Museum Ullen Sentalu menurut situs resmi museum ini adalah untuk mengumpulkan, mengkomunikasikan dan melestarikan warisan seni dan budaya Jawa yang terancam pudar guna menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada kekayaan budaya Jawa sebagai jati diri bangsa.

Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari bahasa jawa, yaitu ULating bLEncong SEjatiNing TAtaraning LUmaku yang berarti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita.

sudut ullen sentalu


Museum Ullen Sentalu berbeda dari museum-museum lain yang ada di Yogyakarta. Museum ini mengembangkan sentuhan baru. Berbagai hal yang unik diaplikasikan di museum ini untuk membuatnya menjadi museum yang menarik, bukan museum yang membosankan. Contohnya, koleksi-koleksi museum ini tidak diberi label. Jadi, museum ini mengandalkan pemandu wisata untuk menjelaskan segala sesuatu yang ada disana. Dan pastinya mendengarkan penjelasan dari seorang pemandu wisata saat mengunjungi sebuah museum jauh lebih menarik daripada melihat museum yang hanya berisi penjelasan tertulis tanpa tahu maksud yang dikandungnya.

Museum Ullen Sentalu terletak di daerah Pakem, Kaliurang Sleman Yogyakarta. Siapa sangka ya di tempat seperti Kaliurang ada museum seperti ini...
Ditambah arsitektur museum yang memadukan budaya jawa dan belanda serta dikelilingi taman dan pepohonan yang asri menjadikan museum ini patut dijadikan tujuan liburan trippers. 


Obyek foto Ullen Sentalu
sumber : tripadvisor

Nah untuk kalian yang belum tahu tempatnya, kami dari White Car Transport bisa bantu kalian..
Kami menyediakan jasa rental mobil beserta drivernya yang bisa menunjukkan kalian spot-spot yang amazing.

Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi :



Previous Post Next Post

Contact Form