Candi Borobudur - Kemegahan Ditengah Kota Magelang

Haii trippers...

Sudah sejak lama Candi Borobudur masuk dalam salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Pastinya kita bangga donk sebagai Warga Negara Indonesia....

Candi Borobudur

Kawasan Candi Borobudur ini terletak Kota Magelang Jawa Tengah, sekitar kurang lebih 60 KM dari Kota Yogyakarta.

Candi Borobudur di bangun sekitar abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra, Situs ini dibangun sebagai tempat pemujaan dan sebagai tempat ziarah pada masa itu. Candi Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga level di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

  • Level 1 : Kamadhatu
Kamdhatu berarti alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menjelaskan Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat. Menggambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia. Tudung penutup pada bagian dasar telah dibuka secara permanen agar pengunjung dapat melihat relief yang tersembunyi di bagian bawah. Koleksi foto sekitar 160an foto relief dapat dilihat di Museum Candi Borobudur yang terdapat di Borobudur Archaeological Park.

  • Level 2 : Rupadhatu
Rupadhatu berarti alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Rupadhatu terdiri dari galeri ukiran relief batu. Secara keseluruhan ada 328 patung. Menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana. Seluruhnya membentang sejauh 2,5 km dengan 1212 panel.

  • Level 3 : Arupadhatu
Arupadhatu berarti alam tertinggi, rumah Tuhan. Tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada bagian ini tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemurnian tertinggi. Serambi pada bagian ini terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, berisi patung yang mengarah ke bagian luar candi. Terdapat 72 stupa secara keseluruhan. Stupa terbesar yang berada di tengah tidak setinggi versi aslinya yang memiliki tinggi 42m diatas tanah dengan diameter 9.9m. Berbeda dengan stupa yang mengelilinginya, stupa pusat kosong dan menimbulkan perdebatan bahwa sebenarnya terdapat isi namun juga ada yang berpendapat bahwa stupa tersebut memang kosong.

Senja di Borobudur

Bagi trippers yg ingin jalan-jalan ke Candi Borobudur, kami dari White Car Transport menawarkan jasa rental mobil beserta driver yg berpengalaman di bidang pariwisata.

Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi :
Previous Post Next Post

Contact Form